Friday, January 16, 2009

COPEEEETTT!!!

Temen2.. kalian yang suka kalo jalan2 gitu, pergi2 sendiri, sekarang mesti extra careful loh..
Terutama untuk yang cewek, kalo bisa pergi keluar bareng ama sodara, temen atau pacar.. jangan sendirian.. kalo pada g available, mbak yg dirumah aja dibawa.

Hehe.. Jeanne nulis ini bukan buat nakut2-in, tapi jaman sekarang emang tambah nakutin. Ditambah lagi dengan resesi global, ekonomi melemah dll.. org2 tambah susah and yang nekat banyak.
Kemarin nih, pas lagi jalan ama temenku, Yeane.. ke pasar Atum, mengemban misi dari ibunda untuk beli kertas angpao sekalian mau makan siang.. aku hampir kecopetan!!

"Gimana ceritanya?"

Aku dapet pertanyaan ini secara langsung, di facebook ama d sms berkali2, ampe berasa perlu direkam dikaset, haha.. ada yg nanya lagi tinggal rewind aja trus play, hehehe..

Yah, gitu deh.. hampir kecopetan nya pas lagi liat2 kertas angpao Jepang d toko stationary Jaya, Pasar Atum.. tau kan??
Nah.. pas abis liat2 gitu kan, aku dah selesai, bayar ama mbak nya tapi lom dikasih kembalian. katanya "sekalian nunggu cece satunya ya ce.."
"Oke deh" aku bilang, trus aku jg minta kantongan buat ngebungkus angpao ku, mau aku masukkin d tas. Pas udah dibungkus, noleh ke belakang mau masukkin bungkusan..
DDIERRR!! ada ibu2 tangan e mau masuk d dalem tas ku!!
Asli sumpeh deh.. I'm so speechless.. cuma bisa mikir "HAH??!! Orang ini mau nyopet aku."
Aku g bisa ngomong and yang bisa aku lakuin cuma ngecek barang2 d dalem tas ku, masih lengkap atau ga.. and untung nya masih.. HP, camera, lomo, tempat bedak and ampe tissue tusuk gigi masih ada semuaaa..

Ibu2 itu gimana? Pas aku noleh gitu, dia langsung tarik tangan nya, karena emang baru masuk sedikit sih.. trus langsung dengan cuek pura2 nanya2 harga kertas angpao.
Ternyata dia berdua friends.. yang satunya berdiri di sebelah kiri belakang aku, untuk nutupin aksi nya kali yaa.. and pas abis ngecek tas gitu, aku langsung berdiri di belakang Yeane. Temen nya pura2 nelpon sambil ngeliatin aku yg lagi mindahin hape BB ku ke tas.. matanya g lepas dr hape ku pek!
Setelah ngebayar sebungkus angpao seharga empat ribu rupiah, langsung dua ibu2 itu ngeloyor pergi k arah Atum Mall sambil noleh2 ngeliatin aku (aku jg liatin balik). Trus aku dengan masih deg2an and gemetar bilang k Yeane..

"Yean, kmu liat dua ibu2 tadi d sebelah kita ga? Ternyata copet Yeaaaann.. aku hampir kena copet!"

Yeane; "HEH??!! Lu kok g teriak tadi, bilang aku.. mana orange?" *sambil ngecek tas dia.. (aman kok tas e, soal e ada resleting, punya ku g ada.. langsung keliatan gitu).

Aku jg ngejelasin k Yeane, aku g bisa berkata2 tadi, shock kaget.. ampe masih gemeteran..
Padahal kemarin nya kita baru cerita2 soal temen nya temen dia yang kena gendam (rampok yg pake hipnotis) d PTC (Supermall Pakuwon), g tanggung2, 50 juta!!
Si Yeane jg pernah ngerasa diikutin orang pas dia jalan misah d PTC ama suami nya.. untung g kenapa2 and Yeane sempet sembunyi d butik sambil telpon hubby e minta disamperin.
Trus, pas otw k Atum juga, kita sempet cerita2.. kalo kita percaya, Tuhan pasti lindungi.. kalo g, gimana Yeane bisa nyadar diikutin orang.. gimana aku ngotot minta kantongan pas mbak e nyuruh aku nunggu kembalian.. Tapi kita juga harus inget selalu waspada, jangan pakai yang bisa "mengundang" orang mau ngejahatin kita.
Makanya temen2 yah.. hati2 kalo jalan2, and sebisa mungkin jangan jalan sendirian.

Untung banget deh.. bersyukur banget. Tapi rada nyesel juga kok aku cuma bisa diem, g reflect neriakin ibu e negor kok tangan nya d tas ku gitu.. kan dia bisa ditangkep.
Ibu2 nya apes jg tapi. Ga ngerayain imlek tapi terpaksa beli sebungkus kertas angpao untuk nutupin aksinya yang gagal, hehehe.. mudah2 an dia disadarkan deh..

Ohya, sekilas info buat temen2 and berdasarkan pengalaman pribadi:

- jalan jangan sendiri, kecuali terpaksa mendadak atau gimana. Kalo begini, inget jangan jalan d lorong2 yg sepi. kalo ketemu org yg mencurigakan, waspada.
- jangan pake tas yg menganga or g ada zipper nya.. kalo g punya yg ber-zipper, ya inget untuk mengempit tas d depan, jangan di kebelakangin.
- d Atum, copet nya ibu2 gitu kan.. pake baju rapi sih, agak2 montok yg satu, yg satunya jg berisi tapi lebih tinggi. Pake tas putih (pas kemarin) and kayak nya bukan org Surabaya, mungkin luar pulau.
- d Galaxy, copet nya gerombolan org luar pulau, cewek2 banyak gitu.. kalo liat2 barang suka ndusel2 (desak2an, dorong2 kita) and ternyata tangan nya nyenggol2 tas gitu. Kejadian ini pas d Lindts taon lalu. Ada A Ie - A Ie yang digituin and dia bingung kok dia didorong2 pas liat baju and kerasa tas nya ditarik2.. ternyata.. gitu deh, mereka mau maling.
- d PTC (Supermall Pakuwon), copet nya g tau gimana model e. Yang pasti yg ngikutin Yeane itu bapak2, agak2 gundul, lumayan tinggi. Jadi waspada aja yaaa..

Yah gitu deh temen2 cerita ku..
Hati2 yah buat kalian semua..

Jangan lupa berdoa juga kalo pergi kemana2, minta lindungan-Nya..

2 comments:

Anonymous said...

Untung banget Jeanne! #:-s Thank God banget deh. Disana copet banyak cewe ya? *apa di jakarta juga byk ce pencopet ya?*

Kalo pergi ke tempat2 yg berdesak2 gitu mending tas nya taro di depan aja trus dikekep. Biar kerasa kalo ada yg mau copet, ati2 juga tuh mereka biasa nya pake silet kalo di bis. :|

Anonymous said...

huaa bahas copet to...
sekarang copet banyak yang cewe
maksudnya se biar kaga di curigain..
ati2 aja klo kluar2...
btw logat jawa u medoq amat jeanne huahuaha