Monday, August 04, 2008

Following His path..

Finally..
Akhirnya bisa juga nge-post cerita perjalanan ziarah kemarin.
Bingung juga sih mau cerita apa soal perjalanan nya.. yang pasti semua nya serasa amazing banget, wonderful, ga bisa diungkapin dengan kata-kata..ciee..
Dan yang pasti lagi, super seneng banget bisa pergi bareng family, and semuanya dari awal ampe akhir ga ada yang sakit-sakit ampe parah gitu, paling-paling cuma pilek atau batuk karena kecapekan.. selebihnya sehat walafiat, hehe..

Kita kemarin pergi 21 hari.. mengunjungi Israel, Italia and terakhir Prancis.
Berangkat bareng temen-temen satu gereja paroki kita di Banjarmasin, 3 orang Romo (haha, borongan ya.. 1 Romo paroki kita sekarang, 1 nya Romo paroki kita yang sebelumnya, 1 nya lagi Romo paroki yang terdahulu. 3 generasi ikutan bareng, hehe.. ). Total 36 orang termasuk Romo2 nya kalo ga salah. Banyak juga yah..
And seperti biasa, kalo rombongan pasti ada aja kan yang aneh-aneh.. Ada bapak-bapak yang doyan ngomooong terus, suka ngeras lagi ama pendapat nya aja, trus kalo bikin tebak-tebakan selalu dimulai dengan kata yang sama, "Apa bedanya.. (ini dan itu)?" Yang bikin tambah gereget, keseringan dia ga punya jawaban atas tebak-tebakannya sendiri, haha.. entah lupa, entah emang nanya e seng rada ngawur, hehe..
Trus ada yang susah makan e, ada yang sensi, suka tersinggung, ketus, weird personality, ada yang suka ngilang or ketinggalan (well, this is us, coz we're travelling with a child, tapi biasa nya kita nge-gandeng satu Romo supaya ga diomelin, hahaha..).
Kalo ama anggota tour yang aneh-aneh gitu, sempet sebel, sempet kesel jg.. but we just take it easy lah.. kaya lagu Indo yang "gue sih asik-asik aje asal lo jangan ganggu gue.. " haha.. eh.. sama aja ya..

Hari-hari pertama, kita ada d Israel, fyi (*red. for your information), disini cuaca nya puanasss banget, udara nya tuh kalah deh Indo, sampe serasa tenggorokan ini keriiiing, pengen nya minum terus.. kita ngunjungin pohon Ara, tempat Zakaeus si pemungut cukai manjat karena dia pengen liat Yesus. Zakeus manjat karena badannya kurang tinggi. Pohon ini berarti udah tua banget ya.. yang pasti 2000 tahun lebih. Gereja tempat kita ngadain misa yang pertama sejak sampe di Israel, Gereja Gembala yang baik. Nama nya sama ya kaya Kathedral yang di Surabaya? Tapi yang disini gereja nya kecil, bukan gereja pusat rasa e.
Ke sungai Jordan, tempat Yesus dibaptis oleh Yohanes. Fyi lagi, tempat yang biasa dikunjungin ini sebetulnya bukan pas tepat spot tempat Yesus dibaptis, cuma bagian lain dari Sungai Jordan yang panjang. Kalo kita mau spot yang aslinya, tempat nya pas di perbatasan. Bukan nya bisa bener-bener menghayati and khusuk berdoa serta memperbaharui janji baptis, yang ada kita malah lari2an dikejar tentara ntar. hehe..
Mt. Tabor
-tempat Yesus dipermuliakan (Luk 9:28-36), Mt. Beatitudes-Yesus berkotbah di bukit (Mat 5:1-12), Kapernaum-rumah mertua Petrus (Luk 4:31-41), Tabgha-mukjizat 5 roti dan 2 ekor ikan (Mat 14:13-21), Primacy Church-tempat Yesus menunjuk Petrus untuk menggembalakan domba-domba Nya (Yoh 21:1-19), Danau Galilea-Yesus menghardik angin ribut (Mat 8:23-27) dan berjalan di atas air (Mat 14:22-23), Cana-pertama kali nya Yesus melakukan mukjizat, merubah air menjadi anggur di pesta pernikahan di Cana (Yoh 2:1-11). Nah, di Cana ini pasangan-pasangan yang sudah menikah bisa memperbaharui janji nikah mereka di gereja.. fyi, pas di depan gereja, ada toko kecil yang jual anggur Cana, kata nya sih yang paling enak ya yang punya nya toko ini. Bisa icip-icip juga, rasa nya manisss, alkohol nya ga terlalu banyak, tp namanya ga kuat minum, sekali teguk aja muka ku udah merah semua, hehe..
Lanjut lagi yaa.. Betlehem-tempat kelahiran Yesus (Luk 2:1-7), Bukit Zaitun, taman Getshemani-tempat Yesus berdoa pada malam sebelum ditangkap (Luk 22:39-54), Gereja Bapa Kami (Mat 6:9-13), de-el-el.. banyak banget yah.. pasti temen-temen pusing juga baca nya.. hehe.. ntar liat foto nya aja ya.. ada caption nya juga kok (^^,)*
Pokok nya abis dari Israel, kita muter-muter ke Italia and jalan lewat darat menuju France sambil mampir beberapa tempat di sepanjang jalan.. fun!



Yang namanya pergi jauh ke negara orang.. jadwal padat, mesti buru-buru waktu, jetlag, kecapekan, segala numpuk.. tapi tampang kucel-kucel gitu tetap selalu senyum tiap kali di foto, haha.. Yang sebel, udah kucel, cuaca ikut-ikutan.. terutama si angin.. she's really is a great hairstylist!! Don't laugh..Left to right: There's Something about Mary style, Circle (don't know) style, and Galilee Diva style.. haha..

Not forgetting.. the food.. tapi g sempet foto semua nya sih.. cuma beberapa. Yang lain kebanyakan baru inget mau foto pas udah abis.. hahaha.. yg lain udah jadi korban keganasan kita.. haha..



So.. this is it.. I guess this all I can say about the trip.
I don't mind experiencing them again.. it's been great!! The places I love the most are La Salette, Lourdes and Rome.. I want to go there again someday. Nginep for two nights in La Salette and at Lourdes too, and go around Rome.. *fingers crossed..
Paris oke juga lah.. but not the shopping place.. I'd like to visit the museums, Louvre, Notredame Church.. *fingers crossed (again)..

Amen..

No comments: