Monday, October 13, 2008

Me latest holiday @ hometown..

Hello! Hello!
Habis pulang kampung dari tanggal 27 Sept.. hehe.. baru balik Surabaya tgl 9 kemarin, telat masuk kantor sehari.. maaf mama, maaf papa.. (^^,)*

Omong-omong, kalian semua jg udah pada balik dari mudik yah? atau mungkin (seperti yg kebanyakan orang lakuin jg), habis jalan-jalan dari luar negeri? Kayak si Fun, "hoi.. udah balik belooom? Jangan lupa oleh-oleh yaa.." hehehe..
Seneng ya pulang kampung.. ketemu keluarga, temen-temen, and mostly, in my case, ketemu pacar!! ('^,)* And the big bonus.. kekangenan makanan-makanan d kampung halaman tercinta jadi terobati.. ASSSSYYYYIIIIKK!!

Baru sekarang nih bisa cerita-cerita, so here they are.. sebelumnya, sorry ya panjang abiss.. hehehe.. *peace!!

Makanan yang paling favorit in my family, kalo ditanya nih, terutama adek ku yg paling kecil, Sean..

"mau makan malam apa An?"

langsung jawab,

"tenda biruuuu.."

well, nama tempat nya Depot Jessica, tapi karena d bagian depan depot dia pasang terpal biru, jadilah sebutan nya tenda biru.. tapi kayak nya yang nyebut tenda biru cuma keluarga ku aja deh.. lom nanya yg lain sih, hihi..
Well, kalo makan disini, si kecil An2 pun bisa abis seporsi loh.. padahal buat ukuran normal orang dewasa, dah cukup kenyang tuh. Adek2 ku yang lain bisa 2-3 porsi kalo lagi kepengeeeen or actually, kelaparan.. hehe..
Ohya, pangsit mie kuah ini mengandung b2, jadi buat yg g makan b2.. g bisa kesini kali ya..
Mie nya mie buatan tangan, trus kuah nya kayak e da campuran lemak b2, trus pangsit nya tiap porsi ada 4 biji.. banyak yaa.. menu2 lain jg ada, pangsit goreng, mie goreng, nasi goreng, mie cap cay, tapi yah, yang paling favorit tetep deh pangsit mie kuah nya..



see my two brothers makan dengan lahap nyaa.. hehehe.. jadi kasihan ama adekku satu lagi yang sekarang lagi nun jauh d Shanghai, g kepingin2 apa tuh? hehehe..







trus yg kedua, ikan bakaaaar.. ini sih rasa nya favorit orang Banjar deh, dimana2 adaaa aja orang jualan ikan bakar and most of them, selalu rame. Tempat yg satu ini nama nya Rumah Makan Hj. Ayu, Alalak. Alalak itu nama daerah kalo g salah, and Hj. Ayu, so pasti nama nya yg punya kali yaa.. Ini salah satu rumah makan ikan bakar yg cukup terkenal, papa ku ama temen2 nya suka banget makan disini. Ada tempat satu lagi, masih baru.. aku lom sempet foto.. disana enak juga.. ikan nya langsung masak (dari mentah gitu), kalo d lain kebanyakan udah setengah mateng trus dipanasin lagi.. kata mama kurang gimanaaaa gitu.. kalo aku masih g bisa ngebedain.. hehehe.. cuma baru bisa ngebedain rasa ikan tambak and sungai *peace (^^,)*

Ini foto lauk2 yg aku makan waktu itu; ikan patin and sayur bening.. sayur bening nya lucu ya, pake kacang panjang, hehehe..










Yg ini adek2ku in action.. haha..
Ohya, tempat duduk nya lesehan, kaya pondok2 gitu diatas air.. d bawah nya banyak ikan..







Kalo yang ini, nama beken nya Guntung Payung.. I have no idea what it means.. hehehe.. rasa nye seh nama daerah jg, kaya misal nya Waru, gitu.
Tapi ternyata, nama yang bener Rumah Makan Semua Senang - Pak Siyo.. aku aja baru tau kemarin pas mau foto.. hehehe..
Menu nya sama semua.. pas baru masuk, langsung ditanya..

"yang makan berapa orang?"

kita jawab, "tiga"

langsung deh keluar tiga piring nasi, 3 kuah ayam (yang isi nya kecambah, daun sop/seledri and irisan2 daging ayam), trus sepiring ayam goreng (isi 6 potong) and sepiring hati & rempela goreng (5 pasang). Langsung disodorin gitu, jadi inget rumah makan Padang yak? cuma ini ya ini aja macem makanan nya.. minum nya ada es cendol (dawet), teh es and minuman2 umum lain, soda, dll..








Cara makan nya? kalo aku sih, kuah nya dituang di nasi, peresin jeruk nipis, trus tambah ayam goreng.. tapi inget, jangan makan kulit nya, mereka g bersih buang bulu nya kadang2.. hehehe..
Tempat makan ini biasa nya favorit orang2 yang baru datang dari airport atau yang mau berangkat, deket sih, cuma 5-10 menitan.

Betul nya masih banyakk lagi makanan2 khas Banjar yang pengen d share.. cuma yah karena lebaran, g sempet mereka buka.. maklum liburan..

Bubur ayam - ini favorit ku jg. Kemarin sempet mampir sih, cuma sayang, g kefoto.. keburu abis duluan, hehe.. Bubur ayam disajikan d mangkuk pake irisan cakwee trus dikasih lauk d lepek/piring kecil isi telur kecap yg diiris jd 4, ayam pangggang, and babi panggang (kalo yg tidak makan babi/muslim, bisa minta ga pake babi). Kalo bubur nya halal kok, namanya juga ayam..
Kalo pengen makan ini, pagi2 dah buka, jangan kesiangan, abisss.

Soto Banjar - gimana ngejelasin nya ya? pokok nya beda deh ama soto Surabaya.. ada perkedel nya. Yang terkenal Soto Yana Yani, tempat nya di pinggir sungai, jadi bisa sambil liat kapal lewat or.. ssstt, orang mandi d seberang, hahaa.. Soto Basun d kilometer 6, tp penyajian nya agak lama.. trus Soto Bawah Jembatan, depot nya ada d pinggir jembatan gede, jadi itulah nama nya.. tapi kita g gitu suka kesini, penyedap nya agak banyak, tp anak2 muda biasa cari yg gurih, kesini lah mereka..

Lontong Orari - lontongnya bentuk segitiga sama kaki, trus pake kuah kaya apa ya... hmm.. santan kali ya, trus lauk nya bisa pilih, ikan haruan (g tau indo nya apa), daging atau telur yang dimasak merah (kayak bali gitu).

Ketupat Kandangan - kurang lebih mirip ama lontong Orari, tapi ini ketupat and kuah nya lebih ada kasar2 bumbu nya.. lauk nya ikan haruan goreng. Yang lucu ketupat nya g padat, jadi ancur gitu.. cuma org banjar asli biasa nya kalo makan malah pake tangan.. jadi yah ancur2 kaya nasi gitu sambil becek2 kuah nya.. hehe.. ntar kalo ada foto nya deh ya.. dijelasin gini, bingung, hehehe..

trus, Sop Mutiara.. kalo ini, bikin sendiri d rumah bisa.. sup pake susu carnation yg cair, bumbu nya pala, merica, garam, gula, blueband.. dll.. trus isi nya daging ayam di potong dadu, wortel, arcis, makaroni, boleh ditambah kentang and yang pasti mutiara nya. Bukan mutiara beneran, tapi daging ayam yg d blender, dibumbui pake merica, pala, garam (trus g tau), kadang dicampur tepung supaya daging nya g kerasa ngampas (kaya ampas), trus dibentuk bulat2, digodok. Ohya, jangan lupa dikasih seledri.. hehe..
banyak lagi deh... huuu.. jadi kepengen lagi deh kalo sambil cerita giniii.. hiks hiks..

enough about food.. haha..

-event-
Ohya, pulang kemarin juga bertepatan ama Ultah papa ku, tanggal 1 Oktober 2008, Happy Birthday, Pa!!
Waktu itu bingung, g sempet pesen2 kue.. sampe ya udah gimana, pas semua toko libur, toko kue pun udah g terima pesanan, hiks hiks..
Tapi ternyata.. tiba2 ada kiriman kue dari perusahaan pelayaran.. black forest cake!! waaa.. jadi deh ultah pake kue.. hehehe..
Semoga papa sehat selalu, panjang umur, selalu dilindungi oleh - Nya..
*mwah mwah.. (^^,)*




-nguli-
Trus, yang nama nya holiday kali ini, ga ada deh santai2.. mbak2 pada pulang semua, lebaran and ada yg back for good kawin and mau ngurus sapi nya aja kata nya.. hehehe.
Kita deh yang jadi pengganti, house maid musiman and import lagi dari Surabaya, hahaha..
Pagi2 bangun, beresin ranjang and bersihin kamar sendiri.. nyapu, ngepel rumah.. cuci baju (thank God pake mesin cuci, kalo g bisa keriting ngucek baju nya orang delapan, haha..), jemur baju (panasss, gosongg..), nyetrika (sauna bok).. and untung deh, nyapu ngepel nya cuma d lantai 2 aja.. lantai 3 yg cuma secuil g gitu dpake, jd ntar2 aja.. kantor d bawah jg 2 kali sehari aja.. tp dapur dibawah tiap hari, cuma untung lah g gede2 amat, hehe..
G sempet foto, jadi g tau deh mesti ngebersihin seberapa, hehehee.. kapok dah, next year, mam, pap, jalan2 aja yooook... hahaha..

trus, adek ku, si Didiet, sempet jadi supir.. kirim pesanan beras 2 ton lebih.. ada pesenan dari Wong Solo, Mie Kocok Jogja, dll.. lumayan dah.. capek2 tapi seneng, liburan dapet income tetep, hehehe..

-jalan-jalan-
Sesibuk2nya beberes rumah, tp sempet juga jalan2, ama family ku (mostly buat keluar makan, gereja and belanja d Hypermart), ama Indra & his family, trus temen2 juga..
Di Banjarmasin udah ada Excelso ama Dunkin Donuts loh.. hahaha, g malu ya gue ngakuin ini.. ketinggalan banget atuh.. tapi ga papa lah, berarti kota nya improve, berkembang, ya kan?
Jadi deh Excelso jadi tempat nongkrong favorit nya orang Banjar. Sampe2 ada yg bilang,

"Mau ketemu orang se-Banjar-an?" (red. seluruh Banjar)

"Nongkrong aja d Excelso."

Bener loh, terbukti.. adaaaa aja orang Banjar yang kita kenal keluar masuk Excelso.. habis si ini, si itu, trus si dia.. udah deh.. mau cari gang dao, lobby kerjaan, bisa tuh disini, haha..

trus jalan2 ama temen2 juga.. rencana sih mau mancing.. di rumah Cahyadi, ada tambak nya gitu.. banyak ikan..
Nyampe disana, eh pada lagi asik ngobrol d ruang makan, g ada yg bawa pancing, yg ada cuma jala.. trus d taruh aja d pinggir kolam nya.. mau coba tarik, ikan nya kabur.. dapet nya ikan yang gede nya cuma setengah telapak tangan ku, hiks hiks.. kalo d goreng mah, cuma makan kulit ikan goreng kali.. hahaha..
Ga terasa ngobrol sampe siang.. akhirnya kita memutuskan untuk memancing d Pizza Hut atau KFC, karena Pizza Hut ga buka, jadi lah kita "mancing" ayam goreng d KFC, hahaha.. ga maen deh.. tapi peduli amat, yang penting bisa bareng2 teman2, ya ga?!

Liburan kali ini, sibuk, capek, but WOW!!! gimana pun juga, tetap berkesan (^^,)*

How's yours?

4 comments:

Rashai said...

Wah seru sekali cerita mudiknya,... apalagi soal makanan.. mmm looks yummy! bikin 'ngiler' nih.. :-) (sorry jorok ya.. )
Can't wait till Christmas! I am going for holiday.
Cheers..

Indra said...

kangennya ga tanggung-tanggung. 2 (hampir 3) hari berturut-turut "tenda biru" digarap. Untung aku selamatin dari hari ke-3 hahaha

seperti yang aku bilang, beberapa minggu kamu di banjar, cukup alasan buat ku untuk ga mengunjungi tenda biru setidaknya 3 bulan kedepan AHAHAHA *euhh

yang ga terpenuhi dari list liburan kemaren cuman karaoke yah? hehehe.. kapan-kapan deh.

Jeanne said...

@ Rashai : yes indeed (^^,)*
dah lama g mudik ya?
g ada adeh yang bisa ngalahin kelezatan masakan hometown, biar steak yg lezat atau daging selembut apa pun.. haha..
it's ok.. guess lots of people been drooling looking at those yummy pictures, haha.. including the writer, oh my!

I'm going home for Christmas too.. it'll be great!!! (^^,)*

Jeanne said...

@ Indra : iyaa.. maafkan daku karena membuat mu trauma sama tenda biru, hehehe..

iya nih, karaoke is a must next!
('^,)*