Saturday, November 14, 2009

Sop sayuran melawan kanker..

Post ini jadi terpikir setelah menerima sms dari Mami kemarin pagi (11/12), tentang makan daun singkong yang bagus untuk kesehatan, dan Oom Shinto yang rajin mengkonsumsinya setelah menjalani operasi kanker usus.

Jaman sekarang ini tambah aneh-aneh aja yah.. banyak muncul penyakit-penyakit baru, dengan nama yang aneh pula.. pas kuliah dulu ada cikungunya (aku sering salah nyunya nyunya apa gtu nyebut nya, haha..), terus ada sars, sekarang flu burung and flu babi..
Klo dulu, baru kena penyakit-penyakit pas sudah tua, sekarang umur 20-an pun sudah ada yang (sorry) stroke, koma bahkan sampai meninggal. Mungkin karena pengaruh makanan dan gaya hidup juga ya? Junk food makin menjamur, merokok dah jadi kebiasaan, tidur malam karena pekerjaan, tekanan akan kebutuhan hidup, hiburan malam, gaya hidup bebas, polusi dll..

Tapi untunglah sekarang banyak juga orang-orang yang sudah mulai sadar akan kesehatan, makanan organik makin diburu.. terapi-terapi, pernak-pernik kesehatan seperti kalung, gelang makin digemari. Di Surabaya juga sekarang dilarang merokok d tempat umum, which is such a relieve.. aku suka sengaja batuk-batuk biasanya, klo pas ada orang yang ngerokok ga tau aturan, bayangkan deh.. antri di dokter kok merokok.. sigh..

Well, intinya semua orang pingin sehat. Begitu juga mama papa and orang-orang di rumah.. terutama papa tuh, klo ada temen nya cerita habis minum vitamin ini itu bikin badan tambah segar dll, langsung deh beliau ikut beli.. sampe g tau deh berapa macam obat yang diminum.. ada yang salah-salah, malah bikin darah jadi tambah encer. Untung deh sekarang sudah ga minum lagi.. habis nya tanpa prescription and penjelasan yang cukup tentang obat atau vitamin tersebut kan bahaya juga.

By the way.. sekarang beliau cuma minum sari buah Noni, vitamin C (Ester-C), dan minuman-minuman traditional (rebusan). And ini nih satu yang mau aku cerita'in.. tentang sop sayuran sehat yang katanya berkhasiat melawan kanker.
Resep ini didapat dari kakak iparnya papa.. berupa fotokopi-an berbahasa Mandarin.. papa, mama and emak sudah coba minum sari sayuran ini hampir setahun klo ga salah and katanya lumayan sih.. mereka ga ada mengidap kanker tho (thanks to the Lord above for their health) dan minum ini untuk stamina dan menjaga kesehatan. Aku dah pengen share resep ini lama, tapi fotokopi nya pakai bahasa Mandarin / China, jadi bingung juga nanti kalo ditanya.. and baru kepikiran buat browse terjemahan nya di internet hari ini.. haha.. ya'apa seh Jean? haha..

Resep ini ditemukan oleh seorang dokter berkewarganegaraan Jepang, Dr. Tateishi Kazu (1934-2001).
Menggunakan bahan-bahan seperti lobak, daun lobak, wortel, gubo (atau burdock) dan jamur shitake (atau biasa kita menyebutnya dengan hioko). Semua bahan direbus trus dsaring dan diminum air nya. Ampas sayur nya juga boleh dimakan, karena masih sangat sehat. Kadang-kadang aku makan wortel atau lobak nya, hehe.. For your info, rebusan sayur ini emang agak bau, tapi tahan-tahan aja yah.. demi kesehatan (^^,)*

File PDF bisa di download disini, dengan nama SUP LOBAK.

Tambahan info:
Untuk mendapatkan bahan-bahan, mungkin yang paling mudah adalah wortel, karena pasti ada di pasar-pasar tradisional sampe supermarket.
Untuk lobak, jangan yang sudah dipangkas daun nya karena daunnya juga bahan penting dalam memasak sop ini. Kalau di Surabaya, lobak berdaun bisa di dapat di supermarket Hokky, Ranch Market atau Papaya. Coba cari di supermarket terkemuka di kotamu, aku belum pernah cari di Hero, Giant atau Hypermart sih.
Jamur Shitake alias jamur payung atau lebih populernya disebut hioko, kering atau basah sama saja. Mungkin bisa beli kering karena bisa disimpan lebih lama. Kalau di Surabaya, di supermarket-supermarket ada sih, untuk murah and mutu, mungkin bisa cari di Susanna, Pabean, belinya kiloan and bisa pilih yang bentuknya masih bagus dan besar. hehe..
Nah, yang terakhir yang suka bikin orang bingung, burdock. Waktu pertama papa mama mulai cari aja salah sebutnya, sayur bulldog, mana ada coba? haha.. waktu itu nemu di Hokky, nama nya Burdock root / Gobo. Ada juga yang bilang ketela Jepang. Bentuknya panjang seperti tongkat, warna kulit kecoklatan dan dagingnya mirip-mirip tebu, rasa nya juga manis. Ada yang bilang burdock bisa diiris tipis lalu direbus dan airnya diminum untuk panas dalam atau dicampur dalam sup untuk dimakan dengan sayur dan daging. Dulu cuma nemu burdock di Papaya, Hokky dan Ranch Market, tapi sekarang kayak nya sudah banyak yang jual. Kapan lalu ada lihat burdock di Hypermart Duta Mall, Banjarmasin.
Well, semoga makin lama bahan-bahan untuk sayuran sehat ini bisa didapat dengan mudah, jadi semua bisa menikmati dan merasakan khasiatnya.

Selamat mencoba dan semoga semua sehat!! God bless..

P.S.
Other stories you might want to know:
  1. Tateishi Kazu's website
  2. History & nature
  3. IMPORTANT TO READ
  4. Success stories & other recipes
  5. Buy the formulated soup online on Alibaba or Tradekey
  6. Other stories
  7. Other downloads (recipes, knowledge on cancer, etc)
I really recommend you to read all the articles carefully before consuming the soup.. so that you really know and understand the side effects and all the cautions.
Pregnant woman should not drink the soup.

18 comments:

gulf said...

Hi jeanne:
what kind of soup?I didn't understand~
haha,you're engaged?lovely!congratulations^^

Jeanne M. Wigoena said...

@ Gulf:
hi Gulf! thanks for the visit & for the wishes too, hehe..
Oops, I wrote this one in Indonesian, a bit hard to explain with English, haha..
So, it's about a soup for cancer. I think it helps to cure cancer. You can try some of the links I provide at the bottom of the post.. some were written in English..
I hope it helps (^^,)*

kuzwara said...

hi jeanne... it's very nice article.
lagi nyari yang versi mandarinnya, apa jeanne punya? trims yah

leila djaja - bandung

Jeanne M. Wigoena said...

@ Leila: sori nih lama bru jawab..
versi mandarin nya ada, tp fotokopian, g punya soft copy nya..
mungkin leila bisa kasih aku alamat rumah, ntar aku post-in (^^,)*

kuzwara said...

hi jeane
iya, akhirnya saya dapat dari kenalan saya di bandung buku yang bahasa mandarinnya...
terima kasih atas semuanya...

Leila

Laras Arum said...

dimana saya bs mendapatkan burdock root/gobo khususnya di jakarta?

Anonymous said...

hi...jeanne
tolong minta alamat yang menjual ketela jepang (gobo)di jakarta terimakasih
rm_copacobana@yahoo.com

Rashai said...

Hi J, just wanna share info about that burdock root alias ketela Jepang, maybe it's a bit too late though :)
Kalo di Bandung bisa ditemuin di Papaya supermarket di Paris Van Java, coba kalo di Jakarta ada supermarket Papaya juga, supermarket in menjual banyak produk Jepang.

Cheers..

ps: Jeanne, waktu aku mudik udah disiapin ama Mami juga , jadi mau ga mau minum juga tuh 'soup jamu' :)

Cia said...

Jean
yang instant di surabaya ada jual???

Anonymous said...

hello jeanne, it's my 1st visit here. nama saya teguh, dan saya sangat tertarik dengan artikel mengenai soup gobo ini. saya pernah dengar katanya di bandung, di daerah mekar wangi ada yg jual sup gobo ini dalam bentuk yang sudah jadi alias siap utk lsg diminum, barangkali jeanne ada informasi mengenai alamat ataupun no telpnya pls share ya, I'll be so very much thankful jeanne cause one of my cousins is having a cancer now. thanks, Gbu always.

Anonymous said...

Hi Jeanne, saya penasaran,
mengapa wanita hamil tidak boleh minum sup ini ? Bukannya tambah sehat ? Kan bahan-bahannya sayuran segar, tidak berbahaya ? Apakah kamu punya referensi yang membuktikan kalau wanita hamil tidak boleh minum sup ini ? Soalnya saya suka sup ini. Badan saya tambah sehat rasanya setelah minum sup ini. Masalahnya, saya sedang hamil dan terlanjur rutin minum sup ini. Trims.
Maria.

Anonymous said...

Hai Jeanne,
mengapa pregnant woman tidak boleh minum sop sayur ini ? Apa bahayanya? Saya sedang hamil dan terlanjur minum sup sayur ini rutin. Bagaimana ini ? Manakah referensi yang melarang ibu hamil minum sup sayur ini ?

Jeanne M. Wigoena said...

Sorry to all..
it's been a while since the last time I made any updates on this blog.

@ Petunia Princess: kayak nya kalo d Jakarta gampang dapetin bahan2 untuk soup ini.. coba aja ke supermarket2 besar & yg banyak jual barang2 import.
Saya bukan tinggal di Jakarta, jadi kurang tau

@ Cia : kayak nya belum ada yg jual instant di Surabaya.

@ Anonymous: kenapa dilarang untuk ibu hamil saya kurang tau..
tp setau saya, burdock root itu kan dingin, biasa kt nya rabusan burdock root utk masuk angin gtu, yah mungkin itu yg kurang baik utk ibu hamil kali ya.. bikin badan jadi dingin.
Karena terus terang saya cuma mau passing resep aja..
utk larangan2nya, saya ga tau.. dan ada lebih baik nya dituruti.
thanks :)

Anonymous said...

Hi jeanne.. Mamaku kena kanker, dan skrg saya mau mulai therapy nya, saya butuh bgt buku dari Dr.tateishi ini.. Saya bisa dapatkan buku ini dimana ya? Saya butuh info segera.. Thanks

Jeanne M. Wigoena said...

Hi anonymous,
sorry to hear about your mother.
Terus terang saya ga pernah dapet buku nya yaa.. cuma foto kopi an resep aja..
Kamu mungkin bisa cari di google informasi-nya, ini saya cma ada website dr. tateishi aja http://www.tateishikazu.com/eng.htm
Bisa di baca lebih lanjut dsana.

Semoga mama nya cepet sembuh yaaa..

Anonymous said...

Hi Jeanne
Saya menjual Sup Gobo yang instant, khasiat nya sama saja. Dalam kemasan sachet, mudah di bawa dan lebih praktis. Kalau membutuhkan hub. 08884111194 atau e-mail ke supgobo@yahoo.com

godhage said...

Gobo Jepang

Kami menjual Gobo / Burdock Root atau ada juga yang menyebutnya ketela jepang karena bentuknya seperti akar yang memanjang.
Kami juga menjual bibit gobo. bagi yang membutuhkan.
Gobo yang kami budidayakan ini lebih disukai oleh orang jepang ataupun korea karena rasanya berbeda dari gobo import.
Menurut mereka, gobo dari indonesia lebih enak rasanya daripada gobo dari negara lain.
Gobo merupakah salah satu sayuran yang di gemari oleh masyarakat jepang.
Mengkonsumsi gobo sangat baik sekali untuk mengobati bermacam-macam penyakit termasuk juga penyakit kangker.

Tlp : 0815 7382 8013

E-mail : angri_shizuoka@yahoo.co.jp

Jeanne M. Wigoena said...

@ Godhage: thank you for the info.
semoga yang baca bisa memanfaatkan nya yaa..
Have a healthy life all!!